KOTAK INFAQ

KOTAK INFAQ

Senin, 27 Januari 2014

MENGENAL KHULAFAUR ROSYIDIN

       KHULAFAUR RASYIDIN

       Setelah Rosululloh shollallohu alaihi wasallam meninggal, kepemimpinan digantikan oleh para sahabatnya yang mulia. Pergantian kepemimpinan ini dilakukan dengan cara musyawarah dan mufakat untuk menunjuk salah seorang menjadi pemimpin. Sejak saat itulah kaum Muslimin dipimpin oleh Khalifah yang kemudian dikenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin.
       Khulafaur Rasyidin terdiri dari dua kata, yaitu khulafa' dan ar-rasyidin. Kata khulafa' adalah bentuk jama' dari kata khalifah yang menurut bahasa artinya pengganti. Kata ar-rasyidin adalah bentuk jama' dari kata ar-rasyid yang menurut bahasa artinya benar, lurus, atau pintar, memperoleh hidayah, arif dan bijaksana. 
       Menurut istilah adalah orang-orang yang ditunjuk sebagai pengganti pemimpin yang benar, lurus dan memperoleh hidayah, arif lagi bijaksana.
      Adapun yang termasuk Khulafaur Rasyidin yang secara berturut-turut menggantikan kedudukan dan tugas Rasulullah shollallohu alaihi wasallam ada empat sahabat, mereka adalah :
a. Abu Bakar Ash Shidiq, khalifah pertama (11 - 13 H / 632 - 634 M)
b. Umar bin Khattab, khalifah kedua (13 - 23 H / 634 - 644 M)
c. Utsman bin Affan, khalifah ketiga (23 - 35 H / 644 - 656 M)
d. Ali bin Abi Thalib, khalifah keempat (35 - 40 H / 656 - 661 M)
       Keempat khalifah tadi adalah sahabat dekat Rasululloh shollallohu alaihi wasallam. Mereka memimpin selama kurang lebih 30 tahun, yaitu dari tahun 11 - 40 H. Masih ada satu khalifah lagi yang keadilannya sangat terkenal, beliau adalah Umar bin Abdul Aziz. Beliau menjadi khalifah beberapa puluh tahun kemudian yaitu pada masa kekhalifahan Bani Umayyah (99 - 101 H), karena keadilannya yang masyhur maka Umar bin Abdul Aziz juga termasuk Khulafaur Rasyidin. sehingga jumlah khulafaur rasyidin adalah lima orang.
       Rasulullah shollallohu alaihi wasallam diutus oleh Alloh ke muka bumi merupakan penutup para nabi dan rasul. Tidak ada nabi atau rasul yang diangkat oleh Alloh sesudah beliau wafat. Alloh berfirman :

ما كان محمد أبا احد من رجالكم ولكن رسول الله وخاتم النبيين وكان الله بكل شيءعليما

Artinya : "Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki diantara kamu, tetapi dia adalah rasululloh dan penutup nabi-nabi, dan Alloh Maha mengetahui atas segala sesuatu." (Al Ahzab : 40)

       Rasululloh shollallohu alaihi wasallam diutus oleh Alloh sebagi pemimpin umat yang meliputi tugas kenabian dan kenegaraan. Khulafaur Rasyidin bertugas menggantikan Rasululloh shollallohu alaihi wasallam dalam tugas kenegaraan, yaitu sebagai kepala negara dan membimbing ummat menuju ke jalan yang benar dan diridloi oleh Alloh sebagaimana yang sudah dituntunkan oleh rasululloh shollallohu alaihi wasallam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar